Vario Bergetar Saat Digas? Atasi Dengan Cara Ini!

Vario Bergetar Saat Digas – Mesin Vario memiliki kelebihan pada perpindahan yang mulus dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi. Tentunya sepeda motor matic sudah menggunakan transmisi otomatis yang pergantian giginya secara otomatis, komparasi dengan sepeda motor matic memang lebih mudah dan lebih nyaman untuk berkendara daripada sepeda motor manual, terutama yang menggunakan kopling.

Motor Vario Bergetar Saat Digas

Keunggulan Motor Matic

Anda hanya perlu duduk dan menarik tuas gas untuk mengendarai sepeda motor matic. Tidak perlu berpikir untuk mengganti persneling, apalagi menarik kopling.Mesin otomatis memberikan pengalaman berkendara yang nyaman sejak awal.

Inilah sebabnya mengapa sepeda motor matic, seperti Honda Vario 150, Yamaha Nmax, Yamaha Lexi dan Suzuki Nex sangat populer di kalangan pemula dan mereka yang membutuhkan kenyamanan. Bagi yang baru belajar, sepeda motor matic bisa menjadi kendaraan yang ideal untuk memulai latihan berkendara.

Tapi itu tidak selalu berjalan baik dengan mesin otomatis. Jika mesin matic sudah lama Anda gunakan, Anda mungkin merasakan sepeda motor Anda bergetar hebat saat starter. Penyebab mesin matic bergetar saat berjalan pada kecepatan rendah biasanya ada pada komponen Continuously Variable Transmission (CVT).

Mungkin pada awalnya Anda hanya merasakan sedikit getaran pada sepeda Anda. Namun seiring berjalannya waktu, getaran menjadi semakin penting hingga terasa di seluruh bodi sepeda. Bahkan pada awalnya, getaran bisa membuat setang tidak stabil dan membahayakan Rider.Selain tidak nyaman, tentunya sangat berbahaya bagi pengemudi.

Kendala Motor Matic

Jika Anda mengalami masalah ini dengan sepeda motor Anda, jangan khawatir karena ini sebenarnya masalah yang relatif kecil. Getaran pada sepeda matic biasanya hanya akibat kotoran yang menumpuk di kotak CVT. Seperti Anda ketahui, CVT merupakan sistem transmisi yang motor gunakan pada sepeda motor matic, pada dasarnya kotak CVT menghubungkan mesin dengan roda belakang.

Menurut mekanik yang paling berpengalaman, penyebab mesin Vario bergetar saat digas adalah crankcase CVT yang kotor, yaitu perawatan yang perlu hanyalah pembersihan, jika ingin membersihkannya secara menyeluruh, Anda perlu membawa sepeda motor ke bengkel resmi.

Lalu CVT Vario Anda akan dibongkar seluruhnya untuk diperbaiki, diperiksa, dan dibersihkan. Setelah membersihkan, getaran kecepatan rendah akan hilang. Anda mungkin tidak perlu mengeluarkan uang untuk suku cadang karena masalah utamanya adalah kotoran yang mengganggu kinerja CVT.Anda juga harus tahu bahwa semakin banyak motor digunakan, semakin besar kemungkinan masalah getaran ini muncul kembali.

 

CVT

Mengingat pentingnya peran CVT pada sepeda motor matic, maka perlu juga Anda ketahui komponen-komponennya. Ada tiga komponen utama di dalam kotak CVT:

cvt vario bergetar saat digas

1. VBelt

Seperti namanya, ini adalah sabuk yang menghubungkan tenaga mesin ke roda belakang. VBelt ini seperti rantai pada sepeda motor manual. Seperti rantai, VBelt juga harus Anda bersihkan secara teratur. Selain selalu tampil maksimal, perawatan berkala juga penting Anda lakukan untuk mendeteksi risiko kerusakan belt itu sendiri: jika belt rusak di jalan saat sepeda motor berjalan, bahayanya sangat besar.

2. Roller.

Sering juga menyebut sebagai roller tunggal. Roller ini berbentuk roda pemberat, biasanya berwarna hitam, yang masuk ke dalam puli utama (mesin), roller ini dapat rusak setelah terpakai atau karena tidak berfungsi. Jika roller rusak, harus segera Anda ganti. Penggantian tidak bisa per bagian, tetapi harus perakitan langsung. Salah satu indikasi kerusakan roller adalah adanya kebisingan di dalam CVT.

3. Lapisan kopling.

Perhatikan juga ketebalan kampas kopling pada rumah CVT. Jika ketebalannya kurang dari batas, harus segera Anda ganti. Jika terus Anda pakai, akibatnya bisa berbahaya dan merusak komponen CVT lainnya. Salah satu komponen yang rawan rusak adalah rumah kopling. Jika komponen ini rusak, mesin juga dapat bergetar hebat pada putaran rendah.

 

Honda Vario Modifikasi

Oleh karena itu, kesimpulannya bahwa penyebab getaran mesin mobil pada saat akselerasi dalam kecepatan rendah yaitu pada housing CVT. Kebanyakan kasus yang terjadi hanya karena masalah sederhana karena getaran otomatis  sepeda motor Anda. Solusinya sebenarnya sangat sederhana, Anda hanya perlu membersihkannya dengan baik.

Jika Anda tidak memiliki keterampilan atau peralatan untuk melakukannya sendiri, Anda dapat membawanya ke bengkel resmi.Selain itu, pembongkaran ini juga berguna untuk membersihkan jika ada kotoran yang menempel.

vario modif

Jika Anda hanya perlu membersihkan motor anda, sepertinya Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukannya. Dan penyebab Vario bergetar saat digas sudah teratasi, bersih, dan anda dapat berkendara dengan nyaman kembali.

About Setya

Check Also

cara menghilangkan lecet mobil

Cara Menghilangkan Lecet Mobil (Dijamin Berhasil)

Cara menghilangkan lecet mobil yang bisa kita laksanakan, Dan tidak perlu Anda repot bawa mobil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *