Penyebab Ban Motor Habis Sebelah, Berikut Ulasannya.

Penyebab ban motor habis sebelah sangat beragam, karena hampir semua pemilik kendaraan memiliki ban sepeda motor yang gundul. Dan banyak pemilik kendaraan roda dua yang bingung dengan penyebab ban motor habis satu sisi saja. Ban merupakan salah satu suku cadang atau komponen terpenting dalam sepeda motor. Karena ban ini berfungsi sebagai penghubung antara kendaraan dan permukaan jalan.

Oleh karena itu, tidak salah jika ban merupakan salah satu komponen yang cukup rawan mengalami trouble, seperti kondisi ban yang tidak rata, sehingga sangat penting untuk memantau kondisi ini.

PENYEBAB BAN MOTOR HABIS SEBLAH

Kondisi ini sering dialami oleh pengendara, namun tidak semua orang tahu apa yang menyebabkan roda sepeda motor habis hanya ke salah satu sisi.

Beberapa orang berpikir dan menebak bahwa kualitas ban yang buruklah lah yang menyebabkan kondisi ini. Padahal, banyak faktor-faktor lain yang menyebabkan ban sepeda motor habis sebelah.

 

Lalu apa saja penyebab ban motor habis sebelah? Inilah jawabannya.

 

  1. Peredam Kejut atau Shockbreaker

Penyebab keausan ban sepeda motor yang paling sering dan sering terjadi yaitu kondisi shock breaker itu sendiri yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Seperti halnya shock breaker belakang roda dua ini yang tidak meredam dengan baik. itu akan berdampak pada ban, dan itulah salah satu penyebab ban motor habis sebelah.

Bagi pemilik sepeda motor bebekan yang harus waspada yaitu menjaga kondisi oli shock belakang atau depan pada sepeda motor matic, untuk takaran oli harus pas, tidak kurang dan tidak lebih. Pada umumnya ukuran oli yang normal pada shock breaker yaitu sekitar 50cc. Jika lebih rendah, itu akan mengeraskan shock breaker dalam meredam goncangan.

SOKBREKER MOTOR RUSAK

Namun, masalah atau serangan yang paling umum pada part shock breaker yaitu motor matic. Sebab, untuk motor matic ini hanya memiliki satu peredam kejut dan berada di sebelah kiri ban, sehingga ban sebelah kanan akan cepat aus atau dengan kata lain kondisinya akan botak.

Sementara itu, penyebab habisnya ban sepeda motor pada salah satu sisi sepeda motor matic di depan bisa jadi karena ketidakseimbangan shock antara tabung kiri dan tabung kanan pada peredam kejut depan, sehingga tekanan ban akan berbeda.

  1. Kebiasaan Pengendara

Ban sepeda motor yang botak sebelah juga bisa disebabkan oleh kebiasaan dan kesalahan dari pengguna sepeda motor itu sendiri, seperti kondisi ban yang terlalu banyak atau tidak ada tekanan angin dan gaya berkendara yang kurang baik.

GAYA DALAM BERKENDARA MOTOR

Penyebab ban sepeda motor habis sebelah yaitu tekanan ban yang tidak tepat sehingga membuat ban tidak dapat berjalan dengan sempurna. Selama ini riding style pemotor biasanya mengerem mendadak. Plus, dengan kedua penyebab tersebut ditambah jarak tempuh yang jauh, dapat mempengaruhi keausan ban yang tidak merata. Terlebih lagi tenaga penggerak yang tidak tepat, seperti mengendarai sepeda motor sering , meniikung ekstrim. Dengan cara ini, tapak ban akan lebih cepat gundul secara tidak merata.

  1. Kondisi Pelek Motor

Pelek pada sepeda motor yang dalam kondisi jelek juga bisa menjadi penyebab ban habis sebelah, selain kondisi bantalan yang tidak baik dan posisi duduk pengendara yang kurang baik.

PELEK MOTOR YANG RUSAK

Walaupun duduk mungkin terlihat sederhana, hal itu bisa mempengaruhi kondisi ban. Karena, saat posisi duduk miring ke kiri saat berkendara atau berboncengan, tumpuan akan lebih berat hanya pada bagian sebelah saja.

  1. Jarang Mencuci Ban

MENCUCI BAN MOTOR

Penyebab lain dari ban gundul sebelah yaitu jarang membersihkannya. Padahal, dengan setiap hari anda gunakan maka pada ban tersebut akan menapaki banyak bahan kimia. Bahan kimia seperti bensin, cat, air sabun serta lainnya itu yang membuat ban motor cepat habis.

  1. Sering Menggunakan Standar Samping

Banyak orang yang memarkirkan motornya dengan standar samping untuk menopang sepeda motornya. Meskipun terlihat sangat sepele dan sebenarnya sangat umum, meskipun standar samping banyak digunakan, ini bisa jadi penyebab ban habis pada satu sisi.

MENGGUNAKAN STANDAR SAMPING

Bila menggunakan sidestand, beban mesin terkonsentrasi pada satu sisi saja. Sehingga shock breaker ketika jalan terus melaju ke satu sisi atau tidak seimbang.

Dengan cara ini tekanan beban akan berada di satu sisi, sehingga di sisi ini cepat habis. Dan inilah PENYEBAB BAN MOTOR HABIS SEBELAH

About Setya

Check Also

cara menghilangkan lecet mobil

Cara Menghilangkan Lecet Mobil (Dijamin Berhasil)

Cara menghilangkan lecet mobil yang bisa kita laksanakan, Dan tidak perlu Anda repot bawa mobil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *