Cara Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan (Mudah Saja)

CARA MENYETIR MOBIL MANUAL

Cara mengemudi mobil manual di tanjakan – Kalaupun Anda  sudah mahir mengendarai mobil dalam kota atau luar kota, tapi saat Anda bertemu jalan tanjakan tetap saja akan berbahaya kalau tidak tahu cara menyetir mobil manual di tanjakan. Apalgi kalau Anda  adalah pengendara pemula yang masih belum mahir untuk melewati jalur menanjak yang pada umumnya curam dan masih bingung bagaimana cara mengatur kopling dan gas dalam situasi tersebut.

Mengendarai mobil manual bisa membuat siapa saja yang belum lama belajar menyetir mobil merasa takut kalau mesin mobil akan mati di tengah tanjakan. Apalagi kalau lalu lintas macet pada tanjakan. Oleh karena itu, berikut kami ulas beberapa tips cara menyetir mobil manual di tanjakan.

 

Inilah Cara Menyetir Mobil Manual Di Tanjakan

Oper presneling 1 dan 2

TIPS MENGEMUDI MOBIL DI TANJAKAN

Salah satu cara tidak tepat yang sampai saat ini masih saja oleh sebagian banyak  para pengemudi yaitu selalu menginjak setengah kopling pada saat mendapati jalur tanjakan. Memanglah model ini dapat anda lakukan, namun membuat kopling akan cepat panas dan aus, bahkan bisa saja membuat kopling jebol.

Oleh karena itu cara menyetir mobil manual paling pas pada saat menemui jalur menanjak yaitu dengan menggunakan gigi 1 dan gigi 2. Pakailah gigi 1 dalam menghadapi tanjakan curam kemudian lakukanlah oper presneleng 2 untuk tanjakan landai.

 

Gunakan Hand Rem Saat Berhenti

MENGGUNAKAN HAND REM PADA SAAT DI TANJAKAN

Anda  juga dapat memakai hand rem untuk pengganti menginjak kopling dengan menggnakan kaki kiri.  Khususnya pada saat mobil berhenti, Anda dapat seketika menarik tuas hand rem biar mobil tidak mundur.

Pada saat mobil sudah mulai akan berjalan, lepaskanlah hand rem dengan pelankemudian ikutilah dengan melepaskan pedal kopling dan rem kaki. Kemudian posisi kaki kanan menginjak  gas untuk maju.

 

​​​​Rem Kaki Digunakan Hanya Pada Tanjakan Landai

MENGGUNAKAN REM KAKI SAAT MENYETIR DI JALAN MENANJAK

Bila Anda  bertemu tanjakan yang landai, Anda dapat menggunakan trik rem kaki dan kopling dengan bersamaan dan menyesuaikan putaran mesin.

Cara yang Anda lakukan yaitu injak pedal rem pada saat berhenti, kemudian pindahkanlah persneling dalam posisi netral. Pada saat mulai maju, lepaskanlah pedal rem dengan pelan dengan melepas pedal koplingnya. Kemudian mobil akan terasa bergetar dan maju secara pelan.

​​​​​Injak Pedal Rem dan Kopling Berbarengan

CARA MENGEMUDI MOBIL DI TANJAKAN

Pada saat kendaraan berhenti dalam jalan menanjak, injak kedua pedal secara berbarengan. Dengan otomatis, kendaraan akan berhenti serta mesin mobil masih menyala. Kemudian pastikan presneling pada posisi gigi 1.

Ketika akan jalan maju kembali, injaklah gas hingga kurang lebih 2000 RPM yang bisa anda pantau di panel speedometer. Dan secara berbarengan, angkatlah kaki kiri Anda untuk mengangkat kopling dan rem denga pelan sampai posisi setengah.

 

Itulah 4 cara mengemudi mobil manual di tanjakan. Silahkan praktekan dengan hati-hati…safety first ya, Bro?!

 

About Setya

Check Also

cara nenbaca ukuran ban mobil yang benar

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil (BANYAK YANG SALAH BACA!)

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil – Mempunyai ban serep pada mobil kesayangan dapat menjadi hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *