Cara Membersihkan Radiator Mobil (SANGAT MUDAH)

cara membersihkan radiator mobil

Cara Membersihkan Radiator Mobil – Salah satu bagian kendaraan yang harus Anda perhatikan yaitu pada bagian radiator. Walaupun ada bagian lain dalam merawat mobil, setiap bagian radiator kendaraan juga butuh Anda lakukan pembersihan dengan rutin sehingga fungsi radiator tetap berjalan tanpa kendala.

Sebelum  Anda memulai membersihkan, Anda juga harus mengerti tiap bagian radiator. Ada tiga bagian dari radiator. Bagian ini yaitu tangki bawah, tangki bagian atas, dan bagian ketiga yaitu bagian inti radiator.

Untuk meyakinkan bahwa radiator selalu bersih, paling baik  dengan menggunakan air khusus radiator atau bisa disebut radiator coolant. Cairan ini mempunyai kandungan yang cocok untuk radiator. Hasilnya, akan mengurangi terjadinya penumpukan kerak pada bagian radiator.

Namun bila Anda memang terbiasa mengisi dengan air biasa, Berikut ini ulasan cara membersihkan radiator mobil tanpa harus membongkar di bengkel:

 

Cara-cara membersihkan Radiator Mobil

  1. Siapkan bahan yang akan Anda gunakan untuk membersihkan radiator mobil

air coolant radiator mobil

Cara ke satu yaitu mempersiapkan bahan-bahan yang akan Anda gunakan nanti. Bahan ini yaitu air galon, radiator coolant atau cairan untuk radiator.

  1. Pastikan mesin mobil dalam keadaan mati

servis radiator mobil

Tahapan cara membersihkan radiator mobil yaitu yakinkan Anda membuka kap bagian mesin. Di samping itu, buka tutup radiator ketika mesin dalam keadaan tidak meyala. Jangan pernah mencoba membuka tutup radiator pada saat mesin dalam keadaan panas. Membuka tutup tangki radiator pada saat mesin panas sangatlah beresiko.

  1. Kuraslah air dalam radiator

menguras radiator mobil

Untuk menguras air dalam radiator, dengan cara membuka keran bagian bawah tangki radiator mobil. Apabila Anda rasa sulit untuk menemukannya, bisa Anda buang air dalam radiator lewat selang yang ada pada bagian bawah radiator.

Pada saat tahap yang satu ini, Anda harus pandai bersabar, karena Anda harus menunggu tangki radiator sudah benar-benar dalam posisi sudah kosong.

  1. Bersihkan selang air radiator mobil

menguras slang radiator mobil

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan juga selang air yang menghubungkan ke arah mesin. Dengan cara yaitu membuka slang yang menuju pada mesin.  Kemudian semprot air ke dalam slang sampai tak ada kotoran yang tertinggal dalam radiator.

  1. Membersihkan bagian inti radiator

Pada bagian core tank ataupun pada bagian inti radiator dapat Anda lakukan dengan cara mengisi air pada radiator mobil. kemudian, pastikan bahwa output berupa air yang bersih.

bagian radiator mobil

Jangan lupa untuk cek slang yang mengarah pada mesin agar mengalirkan air secara lancar tidak tersendat. Anda harus teliti pada saat memilih air yang Anda gunakan untuk membersihkan radiator. Apabila kesulitan mencari radiator coolant, Anda bisa menggunakan air galon.

  1. Starter mobil untuk menguras air dalam radiator

membersihkan radiator mobil

Ketika saluran output air radiator sudah bersih, kemudian cara membersihkan radiator mobil berikutnya yaitu dengan cara menyalakan mesin. Naylakan mesin hanya apabila setelah tutup tangki sudah terpasang, kemudian biarkan menyala selama kira-kira 15 menit.

Tunggulah sampai skala pada thermostat naik pada posisi setengah.  Anda harus memperhatikan air radiator yang keluar. Anda harus yakin jika air keluar dengan lancar dan tidak ada lagi kotoran. Selanjutnya matikan mesin dan biarkan sampai dingin kembali.

 

Semoga informasi tentang bagaimana cara membersihkan radiator mobil bermanfaat untuk Anda yang ingin menjaga radiator tetap bersih.selamat mencoba!

 

 

 

About Setya

Check Also

cara nenbaca ukuran ban mobil yang benar

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil (BANYAK YANG SALAH BACA!)

Cara Membaca Ukuran Ban Mobil – Mempunyai ban serep pada mobil kesayangan dapat menjadi hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *