Cara Membeli Motor Bekas, Perhatikan 12 Cara Berikut!

Cara membeli motor bekas – Bagi sobat yang ingin membeli sepeda motor namun karena uang kantong terbatas, ada baiknya memilih sepeda motor bekas sebagai pilihan. Namun agar tidak menyesal, Anda harus terlebih dahulu memahami cara membeli sepeda motor bekas, sehingga Anda dapat menilai kelebihan atau kekurangan sepeda motor tersebut.

Tak heran, namanya saja bekas tentunya kita tidak mengetahui keadaan motor hingga pemilik asli menjual motornya. Tidak heran apabila banyak juga showroom sepeda motor bekas yang sangat pandai memoles motornya kembali seperti baru.

Jadi, mengetahui tips membeli motor bekas penting untuk diketahui. Bagaimana Anda melakukannya? Mari kita bicarakan ini bersama.

12 tips membeli motor bekas

  1. Pilih jenis sepeda motor yang akan Anda beli

sepeda motor bekas
berbagai tipe motor di showroom motor bekas

Cara membeli motor bekas pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menentukan jenis sepeda motor apa yang harus Anda beli. Hal ini penting, karena memudahkan untuk mencari dealer yang sesuai dengan motor yang Anda inginkan. apakah motor sport, bebek standar, motor matic, trail atau yang lainnya.

Jadi, sekali lagi, tentukan pilihan berdasarkan kebutuhan perjalanan Anda.

  1. Pilih dealer yang sesuai dengan kondisi sepeda motor

cara membeli sepeda motor bekas
kondisi salah satu dealer motor bekas

Memilih penjual yang memenuhi syarat juga merupakan salah satu cara membeli sepeda motor bekas. Hal ini untuk mencegah penjual tidak jujur   yang ingin menipu pembeli.

Teman-teman juga bisa menggunakan informasi teman dekat tentang dealer motor bekas yang lumayan.

  1. Cari tahu harga pasar

harga motor bekas
harga motor bekas sangat bervariasi tergantung kondisi sepeda motor

Jika Anda sudah memiliki gambaran tentang jenis sepeda motor apa yang akan dibeli dan menemukan penjualnya, maka langkah selanjutnya yaitu mengecek harga pasaran dari jenis sepeda motor tersebut. Meski sederhana, langkah ini sangat perlu dilakukan.

Mengapa?, karena setiap jenis motor memiliki harga yang bervariasi dan tergantung dari kondisi dan jenis mesin.

  1. Cermat memeriksa kelengkapan surat kendaraan

surat kendaraan
STNK dan BPKB sepeda motor

Teman-teman perlu mengecek dokumen-dokumen seperti STNK dan BPKB. Lakukan langkah ini untuk mengetahui dengan jelas identitas asli pemilik motor agar kita bisa memastikan bahwa motor bekas yang kita beli bukanlah motor curian.

Tak heran, karena di era sekarang ini banyak terjadi kasus pencurian sepeda motor untuk menghindari kejadian yang tidak terduga. Sehingga, mengecek surat-surat kendaraan penting untuk Anda pertimbangan dalam cara memilih motor bekas dengan kondisi baik

  1. Periksa nomor sasis dan nomor mesin

nomor chasis
penampakan nomor rangka salah satu tipe motor

Cara beli motor bekas selanjutnya yaitu dengan mencocokkan nomor rangka yang ada di rangka sepeda dengan nomor yang ada di huruf.

Jika ada perbedaan antara nomor yang tertera pada surat dengan nomor yang tertera pada sepeda motor, perlu diwaspadai, bisa jadi sepeda motor tersebut sepeda motor curian atau sepeda motor yang tidak sah.

  1. Periksa kondisi bodi motor

body motor
kondisi body motor yang lecet

Cara ini lebih sederhana daripada memeriksa mesin karena terlihat jelas. Temukan sepeda motor yang bebas gores, bebas penyok, dan bebas retak.

Anda bisa bertanya kepada penjual tentang keaslian suku cadang pada sepeda yang akan dibeli.

Jika perlu, Anda bisa mengajak seseorang, baik itu keluarga atau teman dekat yang mengerti jual beli sepeda motor. Alhasil, Anda lebih mudah menentukan kondisi sepeda bekas yang Anda inginkan

  1. Periksa oli

tempat oli mesin berada
bagian dimana oli mesin berada

Anda bisa mengecek kondisi oli dengan membuka penutup oli di mesin. Perhatikan baik-baik pengukur oli yang terletak di ujung tutup oli untuk melihat apakah itu terlalu banyak atau tidak cukup. Jika ukuran oli masih normal, berarti tidak ada kebocoran pada mesin. Hal ini menjadi pertimbangan penting dalam hal membeli motor bekas.

  1. Periksa fungsi speedometer / panel pengukur

speedo meeter di salah satu motor
speedometer

Pastikan speedometer berfungsi normal karena fungsinya sangat penting sebagai informasi tentang kondisi sepeda motor saat Anda mengendarainya.

Sebuah sepeda motor yang baik pasti memiliki speedometer, pengukur bahan bakar, lampu indikator dan odometer yang masih berfungsi dengan baik. Untuk beberapa jenis sepeda motor, seperti motor sport, panelnya sudah memiliki tachometer.

  1. Hidupkan mesin

motor
periksalah kondisi mesin motor

Pastikan suara mesin halus dan halus, dan apakah ada suara kasar atau tidak. Selain itu, untuk memeriksa kondisi mesin, coba hidupkan tanpa gas. Sebab, saat mesin hidup, jangan terburu-buru memberi bahan bakar, biarkan saja mesin menyala tanpa digas.

Periksa apakah mesin bisa berhenti (terus berjalan dengan kecepatan rendah tanpa akselerasi). Hal ini untuk memastikan kondisi mesin masih bagus atau tidak karena mesin dengan kondisi mesin bermasalah tidak berhenti pada putaran di bawah 1500 rpm.

  1. Rasakan pergantian shift

prsneling
pedal presneling motor

Kendarai pelan-pelan, rasakan perpindahan gigi dari 1 ke 2, karena perpindahannya masih mulus atau kasar. Jika perpindahan gigi terasa tiba-tiba, kondisi ini menandakan bahwa kanvas kopling tidak dalam kondisi normal.

  1. Periksa sistem kelistrikan

lampu menyala
lampu menyala

Cara membeli motor second selanjutnya yaitu Anda bisa mengeceknya dengan menyalakan lampu utama, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu panel, dan klakson.

Periksa juga tombol start, masih berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak benar-benar berfungsi.

Jika ada komponen kelistrikan yang tidak berfungsi selama pemeriksaan, status sekring mesin atau baterai dapat diperiksa.

  1. Periksa apakah sepeda motor terlibat kecelakaan.

Anda bisa mengeceknya dengan menanyakan langsung ke penjualnya atau dengan meletakkan sepeda motor standar ganda di atas permukaan yang rata. perhatikan, roda depan dan belakang harus berada pada garis yang sama. Juga, keselarasan antara bodi setir dan roda. Dan juga pastikan rangka motor tidak bengkok.

 

Itulah banyak hal yang harus Anda pertimbangkan dalam cara membeli motor second

About Setya

Check Also

wiper mobil

6 Cаrа Mеnjaga Wiper Mobil Biar Awet

6 Cаrа Mеnjaga Wiper Mobil Biar Awet. Wіреr аdаlаh ѕаlаh ѕаtu аѕеt реntіng bаgіаn mоbіl …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.