10 Perbedaan Avanza dan Xenia, Mana yang terbaik?

Perbedaan Avanza dan Xenia – Sekarang sudah banyak pemain di kelas LMPV. Kamu bisa sebut Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Wuling Confero, sampai Honda Mobilio.

Walaupun mempunyai banyak saingan, Avanza dan Xenia tidak pernah kehilangan pesonanya. Keduanya seolah sudah mendarah daging dengan semua lapisan masyarakat Tanah Air, sampai-sampai ada istilah >mobil sejuta umat”. Harap maklum, keduanya baik Xenia dan Avanza adalah pencetus. Kedua mobil ini meluncur  pada tahun 2003 sebagai mobil yang Indonesia banget.

Bagaimana tidak? Xenia atau Avanza punya formulasi yang tepat. Mampu menampung banyak penumpang, mesin irit bahan bakar, dan harganya lebih terjangkau. Oleh sebab itu, keduanya sangat layak disebut mobil idola.

Antara Avanza Vs Xenia, mana yang paling baik di antara keduanya? Apa saja  sih perbedaannya? Kita bahas keduanya dalam tulisan berikut:

Perbedaan Avanza Dan Xenia

Walaupun identik, Avanza dan Xenia nyatanya mempunyai banyak perbedaan. Hal ini tidak lepas dari strategi masing-masing merek untuk menggandeng pembeli. Bagaimana pun juga, Toyota Avanza tetaplah musuh bebuyutan dari Daihatsu Xenia di pasar mobil Indonesia.

Lalu apa saja perbedaan Avanza dan Xenia? Untuk menjawab, kami coba membandingkan lebih detail varian tertinggi keduanya.

Dari Daihatsu Xenia akan diambil varian 1.5 R Deluxe. Sementara Toyota Avanza yang ikut komparasi adalah varian 1.5 G. Cek tulisan di bawah ini untuk tahu perbedaan Xenia Vs Avanza:

  1. Harga Xenia dan Avanza, Siapa Lebih Murah?

 

Perbedaan Avanza Vs Xenia dapat dilihat dari harganya. Daihatsu menawarkan dalam banderol yang lebih bermacam-macam. Kalu ditotal ada 10 varian yang mereka pasarkan.

Harga Xenia varian termurah atau Xenia Manual Transmission 1.3 STD adalah Rp192.750.000 (OTR Jakarta). Sementara harga tipe tertinggi, ada dua pilihan yaitu: 1.5 R Deluxe Manual Transmission Rp225.750.000 (OTR Jakarta) dan 1.5 R Deluxe Automatic Transmission Rp236.650.000 (OTR Jakarta)

Namun Toyota, total cuma memasarkan Avanza dalam lima type saja. Toyota Avanza varian terendah adalah 1.3 E Manual Transmission Rp198.150.000 (OTR Jakarta). Dan  untuk type tertingginya 1.5G Manual Transmission Rp228.300.000 (OTR Jakarta).

  1. Desain Eksterior Daihatsu Xenia Lebih Wah Dibandingkan dengan Toyota Avanza

velg xenia avanza

Khusus varian tertinggi, ternyata Daihatsu Xenia mempunyai pilihan desain lebih mewah. Pesona ini muncul lewat penggunaan velg two tone (hitam, chrome) di Xenia 1.5 R Deluxe. Lalu, pabrikan berlogo D ini juga memasangkan aero kit di bemper depan, belakang dan samping sehingga nantinya pembeli tidak harus mencari di after market.

Kemudian, Toyota Avanza 1.5 G masih mengandalkan velg warna silver dengan palang delapan yang masih terlihat sederhana dan tidak ada aero kit terpasang.

Di samping itu, beda eksterior Xenia dan Avanza model baru tidak terlalu terlihat. Salah satu yang terlihat hanya hadirnya nuansa chrome di muka keduanya. Kalau di Xenia, tepat di bawah grille. kalau di Avanza adanya di sisi kisi-kisi udara.

  1. Fitur Elektronic Barake Distribution (EBD) Hanya Pada Xenia

system abd pada xenia

Untuk soal fitur keselamatan, Xenia 1.5 R Deluxe ternyata unggul daripada Avanza. MPV keluaran Daihatsu ini sudah melengkapi electronic brake distribution (EBD) pada mobil garapannya. Fungsi fitur ini yaitu untuk mengoptimalkan pengereman belakang dalam berbagai situasi.

Walaupun demikian, fitur-fitur keselamatan lain seperti anti-lock braking system (ABS) dan Dual SRS Airbags sudah dimiliki keduanya.

  1. Peringatan Sabuk Pengaman Depan Cuma Ada di Avanza

peringatan sabuk pengaman

Kelebihan Avanza yang lain, salah satunya memiliki fitur front passanger seat belt warning atau peringatan sabuk pengaman depan. Fitur ini berfungsi memberi peringatan ke penumpang yang duduk di jok depan sebelah sopir untuk selalu memasang sabuk keselamatan yang ada di jok mereka. Untuk peringatan penggunaan sabuk keselamatan pengemudi. Baik Avanza dan Xenia, sudah memilikinya.

  1. Head Rest atau Sandaran Kepala Avanza Paling Banyak

head rest

Berbeda dengan perbandingan jumlah head rest, Avanza model baru lebih memberikan kenyamanan, karena Avanza mebmberikan 7 head rest dalam kabinnya. Sehingga benar-benar bisa disebut sebagai MPV 7-penumpang.

Setiap penumpang dapat  head rest atau penyangga kepala ketika duduk di jok mobil ini. Fungsi head rest ini, selain berfungsi sebagai relaksasi saat melakukan perjalanan jauh, berguna juga sebagai keselamatan. kepala bisa cedera parah meski sudah menggunakan sabuk pengaman, tanpa head rest

  1. Power Charger di Baris Ketiga, Xenia Tidak Punya

charger

Keduanya memang sudah lengkap dengan power charger baik Xenia ataupun Avanza. Fitur ini berguna untuk men-charge baterai gawai selama perjalanan. Namun jumlahnya beda. Avanza, mempunyai tiga socket power charger. Setiap socket terpasang di tiap baris jok. sehingga, penumpang duduk paling belakang bisa memanfaatkan fitur ini.

Kemudian Xenia hanya memberikan dua unit socket power charger. Ini terpasang hanya di jok baris pertama dan kedua. Penumpang di jok paling belakang tidak bias menikmati fitur ini.

  1. Varian Tertinggi Avanza Tidak Ada Type Automatic Transmission

transmisi

Pertarungan Xenia Vs Avanza untuk type tertinggi selanjutnya ada di pilihan transmisi. Xenia 1.5 R Deluxe mellengkapi pilihan transmisi otomatis dengan 4-percepatan. sehingga sopir dapat lebih santai melibas kemacetan jalan dalam kota.

Kemudian type Avanza 1.5 G hanya cuma menyediakan manual transmission dengan 5-percepatan. Sehingga sopir tentunya akan merasakan lelah dalam mengemudi melewati kemacetan jalanan dalam kota.

  1. Avanza Sudah Pakai Tombol Start & Stop Engine.

stop engine

Kalau kita memperhatikan dengan seksama, ini tampak dalam dashboard Xenia dan Avanza yaitu dalam penggunaan start & stop engine button. Ini untuk memudahkan pengendara waktu menyalakan dan mematikan mobil.

Hanya dengan menekan tombol saja maka mobil akan menyala. Dan Xenia terbaru belum memilikinya. MPV Daihatsu masih hanya mengandalkan kunci model umum.

  1. Sensor parkir Daihatsu memiliki kelebihan tersendiri

sensor parkir

Daihatsu Xenia pun tak mau kalah melawan Avanza. Minivan ini lengkap dengan sensor parkir depan-belakang. Tujuannya adalah untuk memperingatkan pengemudi ketika mobil  terlalu dekat dengan objek belakang, sehingga mengurangi risiko tabrakan antara dinding atau objek lain saat parkir.

Di Toyota Avanza hanya ada satu sensor parkir belakang. Mobil tidak melengkapi dengan sensor depan.

  1. Varian Warna Daihatsu Xenia Lebih Banyak

warna pilihan

Perbedaan selanjutnya antara Avanza dan Xenia terletak pada pilihan warna.  Daihatsu Xenia 1.5R, memiliki lebih banyak pilihan warna. Total tersedia delapan warna: Icy White, Classic Silver Metallic, Dark Blue, Dark Grey Metallic, Dark Red Metallic, New Bronze Metallic, Midnight Black Metallic, dan Pearl White .

Lalu untuk Toyota terbaru hanya ada enam pilihan warna untuk konsumen. Pilihan meliputi: putih, perak metalik, hitam metalik, perunggu, biru tua, dan mika merah tua metalik.

 

Jadi, Pilih Xenia atau Avanza?

Itulah  perbedaan mendasar antara kedua merk tersebut, terutama pada varian  yang lebih tinggi. Mana yang Anda pilih?

Keunggulan Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe terletak pada tampilan yang lebih mewah. Kemudian MPV ini juga lengkap dengan fungsi EBD, sensor parkir depan dan transmisi otomatis.  Jadi Anda tidak boleh melewatkan pilihan warna bodi.

Toyota Avanza 1.5 G memiliki keunggulan dalam penggunaan sandaran kepala penuh untuk semua penumpang. Ada juga fungsi pengisian untuk kursi baris ketiga, tombol start dan stop mesin, serta sabuk pengaman cepat untuk penumpang.

Jika ya, mana yang akan Anda pilih?

About Setya

Check Also

wiper mobil

6 Cаrа Mеnjaga Wiper Mobil Biar Awet

6 Cаrа Mеnjaga Wiper Mobil Biar Awet. Wіреr аdаlаh ѕаlаh ѕаtu аѕеt реntіng bаgіаn mоbіl …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.